Rabu, 16 November 2011

CONTOH SINOPSIS

.                                                                                                                                      
SINOPSIS
NOVEL REMAJA INDONESIA

CINTA MALIKA
Karya:Beby Hasibuan

Gelap nan sunyi menyelimuti dinginnya malam Sang Bayu yang terlelap kini kembali membuka mata, rerumputan seolah menari tertiup semilir angin.Didalam rumah mewah nan megah, nampak seorang remaja SMU berdiam diri didepan layar kaca.Malika nampak sangat fokus pada layar televisinya.Ia sedang menonton film vaforitnya, berjudul “Harmonika’.Hampir semua episode dalam film tersebut selalu Ia tonton.Malika sangat teropsesi dengan pemain dalam film tersebut.Dia sangat membenci Ken, sosok yang sangat sombong dan jahat.Namun Ia sangat menyukai sosok Rah yang sangat pendiam.

Bel berbunyi, Malika pun segera pulang dari sekolahnya.Bersama teman kentalnya Chisa, Ia berjalan menuju rumahnya.Dalam perjalanan Chisa bercerita bahwa pada tanggal 10-17 Mei sinetron Harmonika akan syuting perdana dikota Bandung.Malika sangat senang mendengar berita itu.Saat para pemain “Harmonika” sampai dikota Bandung, Malika akhirnya bisa bertemu dengan tokoh idolanya yaitu Ludwing.Ia dapat mengenal lebih dalam sosok Ludwing sebenarnya.Setelah mengenal lebih dalam, ternyata sosok Ludwing sangat berbeda dengan sosok Rah dalam film yang dimainkannya.Rah sangat pendiam dan Ludwing sangat humoris dan penuh tawa.Malika merasa kecewa.Melihat sikap Malika yang tiba-tiba berubah pendiam, Ludwing merasa penasara.Setelah Ludwing tau sebenarnya, Ia pun menceritakan bahwa sosok yang selama ini Ia cari adalah Nabie pemeran Ken, yang sangat dibenci oleh malika.

Malika akhirnya mencari tahu tentang Nabie.Setelah cukup mengenal tumbuhlah rasa cinta dalam  pada Nabie.Saat tahu besok talk show akan berakhir Malika sangat sedih, namun karena hiburan dari Ludwing dan Sophie Ia kembali tersenyum.

Panasnya mentari tak membuat Malika mengurungkan niatnya untuk mengucapkan perpisahan terakhir pada Nabie,Ludwing,Sophie,dan Chalista.Malika berharap,agar tepat  waktu sampai disana.Ia ingin memberikan hadiah pada Nabie dan Ludwing. Tapi,ternyata keberuntungan tak berpihak pada Malika.Ia tak dapat bertemu dengan para pemain film ‘’harmonika’’.

Pagi yang cerah,secerah hati Malika yang berkesempatan untuk melihat  film perdana Nabie,berjudul “nyanyi sunyi seorang bisu’’,film yang pertama kali Nabie mainkan.Dalam film itu sosok Nabie  sangatlah  berbeda dengan sosok Ken dalam film “harmonika”.SosokNabie,dalam film itu sangatlah pendiam.Sepulang Malika dari bioskop Malika terus memikirkan teneang hal itu.Malika baru sadar bahwa Nabielah,sosok yang selama ini ia cari.

Waktu demi waktu,terus berjalan.Dan kini Malika menginjak usia 19 tahun.Kini Malika duduk di banku kuliah.Ia mengambil jurusan arsitek di Jakarta.Saat Ia hendak pulang dari kuliah nya,di pinggir jalan Malika bertemu dengan Ludwing.Malika dan Ludwing berbincang sedikit untuk melepas rindu yang selama ini  terpendam begitu lama.


Bunyi yang sangat keras mengiringi keterkejutan Malika saat mendengar berita dari Chisa bahw Nabie mencoba bunuh diri dengan  meminum obat tidur dalam dosis tinggi.Malikapun segera bergegas untuk menjenguk Nabie dirumah sakit.Setelah Malika sampai di rumahsakit hati Malika pun menjadi lebih tenang.Setelah lama di rumah sakit akhirnya Nabie sembuh.

Kerumunan masa menyambut kedatangan Ludwing di kawasan Senayan City,Jakarta.Dalam jumpa pers kali ini para wartawan terus menanyakan gosip yang beredar tentang percintaan Ludwing dengan Malika.Kalau ditanya soal hal itu,Ludwing selalu  menjawab,bahwa berita miring itu tidak benar.Setelah Ludwing pulang dari jumpa pers,Ia bertmu dengan Olga.Olga adalah orang yang selama ini ada didalam hati Ludwing.Dan mereka berbincang-bincang begitu lama.

Burung berterbangan kian kemari.Terdengar Nabie,Chalista dan Sophie sedang merencanakan siasat untuk menjodohkan Ludwing dan Malika,mereka pikir,Ludwing belum mempunyai kekasih.Setelah dekat begitu lama,Ludwing dan Malika semakin akrab.Keakraban mereka ternyata membuat hati Nabie cemburu,karena diam-diam Nabie menyimpan perasaan pada Malika.

Malika kembali terkejut saat mendengar bahwa hubungan Nabie dan Chalista tiba- tiba putus ditengah jalan.Ternyata hanya karena dendam yang selama ini disimpan oleh ayah Chalista pada Erick ayah Nabie yang sudah meninggal.Namun kabar baik juga terengar di telinga Malika.Para pemain utama film “harmonika”masuk dalam nominasi pemeran utama terfaforit.Malika kemudian menemui Mereka untuk mengucap selamat.Tiba-tiba,Malika pingsan dan Ludwing segera mengantar Malika ke rumah sakit.Setelah didiadnosa ternyata Malika menderita tumor di bagian kepalanya.Malika terbaring lemah di rumah sakit.Dalam keadaan tersebut Nabie selala setia menunggu Malika di rumah sakit.

Fikiran Ludwing terhening saat mengingat Malika.Malika pernah bertanya tentang perbedaan bulan dan matahari.Saat itu Ludwing menjawab bahwa perbedaan nya adalah cahaya matahari lebih abadi dari pada cahaya bulan. Karena bulan hannya bersinar saat malam datang. Tetapi jawaban Malika berbeda ,menurutnya cahaya bulan lebih indah. Karena saat gelap menyelimuti malam,tak ada yang bisa Malika lihat selain cahaya dari bulan.Saat  Ludwing mengingat semua itu ,tiba-tiba Chalista datang menitipkan sepucuk surat untuk Nabie karena Ia akan pergi ke Kalivornia.                     

Adzan subuh menggema di telinga Nabie , dan Ia pun segera begegas untuk memajatkam doa pada sang khaliq, apapun akan Ia lakukan asal malika bisa bangun dari koma nya. Nabie terlihat sangat serius dengan perasaannya pada Malika. Nabie merasa bahwa kini Ia telah menemukan pengganti Chalista di hatinya.

Hari itu tiba saatnya pengumuman pemenang ajang award.Ternyata Nabie menjadi aktor terbaik dan Ludwing mnjadi best derector.Karena Nabie tidak datang jadi ,Ludwing mewakili Nabie untuk menerima trofi. Karena Nabie sedang menunggu Malika di rumah sakit.Setelah pulang ,Ludwing langsung menyerahkan trofi tersebut pada Nabie. Dan Nabie berniat memberikan trofi tersebut kepada Malika setelah Malika sembuh.