Sabtu, 10 September 2011


KEMAMPUAN PERSONAL UNTUK MERAIH KEBERHASILAN
Keberhasilan Pendidikan saat ini tidak melulu pada kemampuan kognitif, tapi dibutuhkan juga kemampuan personal, sehingga pendidikan yan fokus pada kemampuan menghafal, memahami, dan menguasai materi tidak lagi menjadi satu-satunya tujuan dari proses pembelajaran. Pendidikan saat ini dibangun di atas empat pilar, yaitu: belajar untuk mengetahui, belajar untuk bertindak, belajar untuk menjadiseseorang dan belajar untuk hidup bersama.
Seseorang belajar tidak hanya dibatasi oleh kemapuan intelektual saja melaikan membutuhkan kemampuan personal untuk kehidupan setelah dewasa nanti. Dalam dunia kerja, hubungan sosian, hubungan interpersonal, serta lingkungan fisik memerlukan kemapuan personal sehingga keberadaan seseorang bisa menjadi bermakna, bermanfaat bagi diri sendiri maupun lingkungannya baikm fisik maupun sosial.
Kemampuan personal ini menunjuk pada kemapuan sof skill, yaitu kemampuan berkembang sepanjang hayat. Untuk melatih kemapuan personal siswa dalam pembelajaran perlu adanya metode pembelajaran yang melibatkan siswa atau student- centered learning. model eksploratif sering dipakai dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk mengeksplorasikan dan mencari jawaban atas fenomena yang ada di lingkunganya, menggunakan media Internet, diskusi-diskusi,dan mengguanak buku-buku referensi juga bisa mengasah kemampuan personal. Bermain peran atau drama mengekspresikan tentang kehidupan-kehidupan di sekitar mereaka juga bisa menalih kemampuan personal.
Keberhasilan siswa bukan hanya ditentukan oleh nilai-nilai pejaran yang didapat, tapi perlu kemapuan personal,banyak kasus anak yang pandai, selalu mendapat nilai bagus lulus juga nilainya bagus tapi tidak berhasil dalam menjalani kehidupan di masyarakat. tidak sedikit pula yang siswa dalam pelajaran nilainya pas-pasan tetapi berhasil dalah kehidupan bermsayakat dan berhasil dalam usaha. inilah pentingnya kemapuan personal.
kemapuan personal seseorang akan mempengaruhi keberhasilan di masa yang akan datang, karena dalam kehidupan bermsyarakat bukan hanya dilihat dari nilai-nilai pealajar yang didapat tapi kemampuan personal orang tersebut dalam menempatkan diri, berbaur, bertetangga dalam lingkunganya.
Keberhasilan seseorang bukan dilihat dari nilai-nilai pelajaran yang tertera dalam ijazah. tapi keberhasilan seseorang ditentukan oleh kemampuan personalnya.